Humor Palembang,Humor Bebas dan Tips Sehat

xiaomi

10 Dampak Negatif Akibat Terlalu Lama Bermain Smartphone

fashion wanita
Wong PALI-
Pada saat ini Gadget atau Smartphone sudah masuk dalam daftar kebutuhan primer manusia. Murahnya harga gadget dipasaran semakin menambah ramainya peminat dengan varian merek dan model. Ramai-ramai orang membeli gadget untuk keperluan sesuai kebutuhan. Namun, membeli gadget cenderung untuk digunakan pada media sosial facebook, tweeter, instagram, dan masih banyak lagi media sosial lainnya.

Asiknya bermain gadget telah membuat semua orang lupa waktu dan tempat. Hal ini telah dialami oleh semua lapisan masyarakat tanpa mengenal batasan usia. Tak menghernkan jika gadget bukan harga mahal dikalangan ekonomi menengah kebawah, mengingt harganya yang murah namun kecanggihannya tak kalah dengan harga gadget mahal dan ternama.

Gadget yang bersistem android, iOS dan windows ini memang sangat mudah dioperasikan. Segala keperluan yang bersumber pada jaringan internetpun banyak digemari orang masa kini. Selain dapat digunakan sebagai alat komunikasi, gadget juga dapat digunakan untuk bermain game-game seru yang trend dikalangan usia anak-anak dan remaja.

Namun, terlalu lama menggunakan gadget berdampak negatif terhadap kesehatan manusia. Tanpa kita sadari, hal ini menjadikan suatu gangguan pada kehidupan kita. Berikut dampak negatif yang ditimbulkan akibat terlalu lama bermain gadget:

1. Sakit Kepala
Bermain gadget terlalu lama mengakibatkan otot mata menjadi tegang dan hal ini bisa menimbulkan sakit kepala. Mata yang lelah berpotensi buruk menjadi rabun jauh. Jangan terlalu lama melihat layar gadget dan lakukan istirahat yang cukup. Jaga jarak pandang mata terhadap gadget lebih kurang 20 cm agar mata tidak cepat tegang dan lelah. Jika kita akan memandang ke arah lain, pejamkan mata sekitar 10 detik sebelum mengalihkan pandangan.

2. NOMOPHOBIA (No Mobile Phone Phobia)
Seseorang yang sudah menganggap gadget sebagai kebutuhan primernya akan mengalami rasa gelisah atau cemas ketika dia tak memegang gadget. 66% orang mengalami hal ini, dan akan merasa kekurangan jika melepaskan gadget dari tangannya. Lakukan kegiatan lain jika sedang mengisi ulang batre. Jangan bermain gadget ketika sedang dilakukan pengecasan. Hal ini akan menimbulkan panas pada gadget dan berbahaya jika terjadi ledakan. Atau beristirahatlah dengan santai.

3. Gangguan Pendengaran
Banyak pengguna gadget ketika bermain gadget sambil menyalakan musik dan mendengarkannya menggunakan earphone. Terlalu lama mendengarkan musik melalui earphone dapat berakibat buruk pada telinga. Hal ini berbahaya, mengingat telinga juga akan mengalami kelelahan akibat merespon suara dari earphone jika terlalu lama dan volume suara yang cukup keras. Biasanya, ketika kita memasang earphone pada gadget akan ada peringatan otomatis dari gadget bahwa volume yang terlalu keras berbahay bagi pendengaran. Jangan abaikan pesan ini. Nyalakan suara musik dibawah volume standar peringatannya.

4. Tidak Fokus
Keasikan bermain gadget membuat seseorang lupa dengan lingkungan sekitarnya. Seseorang yang sudah kecanduan gadget kadang tidak lagi memperdulikan situasi dan kondisi dimana dia berada. Lebih berbahaya jika bermain gadget saat mengendarai kendaraan di jalan umum, karena dapat mengurangi konsentrasi. Jangan menggunakan gadget jika kita sedang berkendara. Menepilah jika kita akan menerima panggilan telephone atau membaca pesan jika hal ini memang harus dilakuka. Jangan menggunakan earphone untuk berkomunikasi saat berkendara, karena hal ini dapat mengurangi konsentrasi berkendara.

5. Sulitnya berinteraksi dengan lingkungan
Pernah kita dapatkan orang seperti ini. Ketika dia berada ditengah-tengah kita, dia tidak perduli dengan kita. Bahkan ketika kita ajak bicarapun tidak terkoneksi dengan baik. Kita bicara kemana, dia pun akan bicara kemana. Hentikan bermain gadget ketika ada teman yang mengajak berbicara. Hal ini lebih terlihat sopan dan perduli pada lingkungan.

6. Berpotensi membahayakan diri sendiri
Sebetulnya ini berkaitan dengan hal di atas, dimana seseorang dengan kecanduan gadget tidak perduli dimana dia berada. Ini sangat berbahaya. Seseorang yang terlalu asik bermain gadget seperti ini berpotensi membahayakan diri sendiri. Biasanya dia tidak lagi memikirkan bahaya disekitarnya. Apakah itu dipinggir jalan, di tempat kerja ataupun di tempat-tempat umum sambil berjalan kaki. Carilah tempat yang aman saat bermain gadget, dan fokuslah bekerja jika kita sedang melakukan pekerjaan.

7. Pembungkukan dan sakit pinggang
Terlalu lama bermain gadget akan membuat sakit tulang dan otot leher. Para ahli mengatakan, efeknya tidak langsung dirasakan saat itu juga, tapi ketika memasuki usia 40 thn keatas hal ini akan mulai terasa akibatnya. 

8. Kehilangan waktu percuma
Kebanyakan terjadi pada usia anak-anak dan remaja. Mereka akan menggunakan gadget bukan hanya sebagai sarana komunikasi, namun lebih sering digunakan untuk bermain game. Bermain game memang berdampak positif pada kesehatan. Menurut para ahli, bermain game dapat mencegah penyakit alzeimer atau pikun di masa tua. Namun bermain game dengan lupa waktu, telah membuang waktu percuma. Bermainlah dalam waktu yang baik dan jangan terlalu lama.

9. Sering melupakan hal-hal penting
Kalau sudah asik, apapun itu pasti akan membuat kita lupa. Bermain gadget terlalu lama juga dapat membuat kita melupakan hal-hal penting dalam kehidupan kita. Bahkan, sudah ingatpun terkadang mengabaikannya karena merasa terganggu jika sedang bermain gadget. Bagi waktu yang tepat antara keperluan penting dan bermain gadget.

10. Merusak otak
Dalam beberapa kasus, bermain gadget terlalu lama dapat menyebabkan pusing dan muntah. Cahaya gadget dapat mengganggu fungsi otak sehingga membuat seseorang mengalami insomnia atau susah tidur jika bermain gadget dimalam hari. Hal ini disampaikan oleh beberapa penelitian, namun masih menjadi kontroversi dikalangan para ahli.

Demikianlah sepuluh dampak negatif yang ditimbulkan oleh terlalu lama bermain gadget. Mari kita gunakan gadget atau smartphone secara smart dengan membagi waktu yang baik dan menggunakannya pada saat yang tepat.


1 Komentar untuk "10 Dampak Negatif Akibat Terlalu Lama Bermain Smartphone "

Terimakasih share nya, info yg sangat bermanfaat agar kita tidak kecanduan Smartphone. ZN
Lembaga Sertifikasi ISO

Hosting Indonesia Hosting Indonesia
Back To Top