Humor Palembang,Humor Bebas dan Tips Sehat

xiaomi

Waspadai Virus Malware,Spyware dan trojan Pada Gadget

fashion wanita

Akhir-akhir ini ada virus yang menyerang perangkat gadget. Mungkin anda sudah tau hal ini. Virus yang dinamakan CovaDown ini sengaja diciptakan untuk mencuri data pada gadget kita. Virus ini sudah marak berkembang dengan bermacam cara. 

Hati-hati dengan virus yang satu ini. 20.000 lebih orang telah menjadi korban keganasan virus ini. Biasanya virus ini menyamar sebagai aplikasi terkenal seperti bbm,camera 360,line dan masih banyak lagi.

Virus ini sengaja diciptakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan sengaja menempatkannya pada situs-situs web yang menawarkan store aplikasi pihak ketiga selain google playstore. Tentulah untuk kepentingan keuntungan sendiri. Sekali kita klik,maka virus ini akan bekerja pada perangkat gadget kita.

Anda punya akun facebook? Anda pasti pernah mendengar teman anda mengeluh tentang akunnya yang tiba-tiba memposting gambar-gambar porno. Itu salah satu cara virus ini disebarkan. Sehingga ada saja orang yang tertarik dengan gambar atau menawarkan jasa seks dunia maya,lalu meng-klik-nya. Nah,jika anda klik menggunakan PC ,maka perangkat PC anda pun bisa terserang virus ini. Karena virus malware ataupun spyware dapat menyerang perangkat PC anda juga.

Pada umumnya,orang lebih sering menggunakan perangkat gadget atau gawai untuk berselancar di internet karena lebih praktis. Jadi tidak heran jika virus itu lenih banyak menyerang perangkat gadget.

Mengenal cara kerja virus CovaDown.

Virus ini berupa spyware,malware dan trojan. Banyak orang yang tidak tahu jika perangkat gadgetnya telah diserang virus ini. Karena biasanya virus ini meminta kita untuk meningkatkan versi gadget kita saat perangkat gadget anda baru dinyalakan. Kebanyakan orang menganggap bahwa ini hal biasa karena semua aplikasi yang tertanam pada perangkat gadget selalu mengalami peningkatan versi. Padahal,tidak begitu cara aplikasi gadget meminta verifikasi pembaruan aplikasi.

Setelah perangkat gadget menyala,secara otomatis virus ini memasukkan aplikasi yang tidak kita inginkan. Bahkan tiba-tiba ada aplikasi yang tidak kita kenal telah tertanam di gadget kita. Anda pasti bingung dengan hal ini. Padahal anda tidak merasa mendownload aplikasi tersebut.


Bagaimana ciri-ciri gadget diserang virus ini.

Dari pengalaman pribadi saya,virus ini sangat mengganggu kenyamanan kita saat kita menggunakan gadget. Diantara cirinya adalah:
  • Gadget mudah panas saat digunakan
  • Batre lebih boros
  • Paket data lebih boros
  • Adanya aplikasi tak dikenal tersemat di dalam system ROM dan tak bisa dihapus
  • Iklan lebih sering tampil saat kita nyalakan paket data
  • Suara telpon jadi kurang baik saat kita menelpon
  • Memori lebih cepat penuh
Ciri-ciri diatas sudah cukup menandakan bahwa gadget anda sudah terserang virus CovaDown. Ciri yang paling gampang terlihat adalah adanya iklan yang sering muncul diluar kita mulai berselancar di internet. Iklan tersebut muncul pada saat kita mulai membuka paket data. Dan iklan-iklan tersebut berasal dari provider download aplikasi pihak ketiga selain google playstore.

Kemudian ciri khas lain yang mudah dikenali,adanya aplikasi yang tidak kita kenali tersemat pada system ROM gadget kita dan tak bisa di hapus.

Bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasi virus ini,yang paling akurat adalah mematikan paket data kita pada saat gadget sedang tidak digunakan. Tapi itu hal yang tidak mungkin kita lakukan mengingat kita memiliki aplikasi bbm,whatsapp,facebook dan aplikasi on call lainnya. Lalu bagaimana caranya supaya gadget kita aman?

Gunakan aplikasi antivirus. Download aplikasi tersebut yang banyak terdapat di google playstore. Ingat,hanya dari google playstore yang terpercaya untuk semua aplikasi gadget kita. Jangan download dari aplikasi store pihak lain yang diragukan keaslian aplikasinya.

Ada banyak aplikasi antivirus di google playstore. Pilih yang mana yang anda sukai. Saya menyarankan anda untuk menggunakan aplikasi antivirus yang sudah terpercaya kemampuannya. Gunakan aplikasi yang simple dan mudah digunakannya. Saya rekomendasikan anda untuk menggunakan salah satu aplikasi antivirus dibawah ini:
  • 360 security
  • Clean Master
  • AVG Mobile

Gunakan salah satu saja. Pilih yang anda sukai cara pemakainnya. Setelah anda download salah satu aplikasi antivirus itu,nanti akan terlihat apakah gadget anda terkena virus atau tidak. Meskipun pada gadget kita sudah tertanam antivirus,bukan berarti virus tidak bisa menyerang gadget kita. Aplikasi antivirus ini hanya untuk mematikan system operasi virus tersebut,tidak bisa untuk menghapus keberadaan virus tersebut secara total.

Lalu bagaimana supaya kita bisa menghapus virus secara total?

Sebetulnya ini mudah dilakukan. Cara ini saya sarankan untuk dilakukan pada pilihan terakhir sejauh apa yang menyebabkan gadget anda terserang virus. Jika memang sudah banyak virus didalamnya,maka ini adalah cara pamungkas untuk menghapus virus secara total dan permanen. Caranya adalah dengan ROOTing atau menghapus semua aplikasi yang tertanam di dalam gadget. Sapu bersih semuanya. Silahkan anda pelajari lebih jauh tentang root ini sebelum anda benar-benar melakukan root pada gadget anda.
0 Komentar untuk "Waspadai Virus Malware,Spyware dan trojan Pada Gadget"

Hosting Indonesia Hosting Indonesia
Back To Top