Humor Palembang,Humor Bebas dan Tips Sehat

xiaomi

Cara Membersihkan Cermin Hias dan Kaca Jendela

fashion wanita

Cermin hias selalu digunakan untuk memberikan sentuhan khusus pada sebuah ruangan. Tidak perduli seberapa indah cermin hias,kotor dan berubah warna,itu akan mengurangi makna dekorasi pada ruangan anda. Namun,karena desain hiasan kadang-kadang rumit,anda akan kesulitan untuk membersihkannya agar selalu terlihat indah. Untuk memastikan agar cermin hias anda tetap terjaga selama bertahun-tahun,maka bahan pembersih dan prosedur yang tepat harus di perhatikan.

Bagitu juga pada kaca jendela rumah anda. Barangkali ini jarang anda sentuh untuk dibersihkan. Saya yakin tidak setiap hari anda bersihkan kaca jendela rumah anda. Paling hanya seminggu sekali,dan itupun saat anda benar-benar tidak sibuk. Kecuali jika anda mempunyai asisten rumah tangga.

Saya masih ingat ketika saya masih sekolah dasar,kadang kami diarahkan oleh guru untuk membersihkan kaca-kaca jendela rumah sekolah yang pada umumnya waktu itu berbingkai kayu. Kami membersihkannya dengan koran bekas. Ya..dengan koran bekas kami seka air dan debu yang menempel pada kaca. Apalagi saat itu belum ada kain lap dari karet seperti saat ini.

Lanjut pada topik...

Tidak semua produk pembersih cermin yang di iklankan benar-benar baik untuk cermin atau kaca. Sebagai fakta,hanya dengan air hangat adalah larutan pembersih ideal untuk merawat cermin hias anda. Siapapun dapat membersihkan cermin hias dengan aman jika menggunakan alat yang tepat dan mempelajari bagaimana caranya.

Anda hanya membutuhkan:
  1. Kain bebas serat atau kain lap karet
  2. Koran atau kertas bekas
  3. Kuas atau sikat gigi (lebih baik jika menggunakan angin kompressor)
  4. Air
  5. Cairan pencuci piring
Barangkali anda tidak memperhatikan hal ini. Jika anda memiliki cermin hias,mungkin anda hanya cukup membersihkannya dengan lap karet yang biasa anda beli di peralatan otomotif anda. Tapi itu bukan cara yang efektif. Karena kain lap karet itu masih meninggalkan sedikit kotoran dan hanya efektif membersihkan kaca yang berair.

Atau barangkali,setelah anda membaca artikel singkat ini lalu anda teringat pada cermin hias warisan yang sudah lama anda simpan di dalam gudang,berdebu dan kusam,kemudian anda ingin merawatnya kembali. Untuk hal ini,anda cukup membersihkannya dengan kuas pada sela-sela disain bingkai yang rumit lalu menggunakan air hangat sebagai awal anda membersihkan banyaknya debu yang menempel pada cermin hias anda. Basahkan kain lap anda dengan air hangat,lalu peras sedikit dan mulailah membersihkan cermin hias anda dengan hati-hati.

Pada tahap berikutnya,setelah cermin hias anda sedikit bersih,dan ini berlaku pada cermin hias anda yang sudah anda gunakan sebagai dekorasi ruangan anda tapi jarang anda sentuh untuk di bersihkan,begini cara yang sebaiknya anda lakukan;
Campurkan cairan pencuci piring secukupnya dengan air. Basahkan kain lap dengan cairan tersebut dan seka kaca atau cermin. Selanjutnya gunakan kertas koran atau kertas bekas untuk mengeringkan cermin. Pastikan bahwa koran atau kertas bekas tersebut tidak kotor oleh tanah atau bahan yang bisa membuat goresan pada kaca atau cermin. Poles kaca sampai mengkilap bersih. 

Setelah kaca bersih,perlu untuk memastikan bahwa tidak ada cairan yang tersisa di sela-sela desain. Gunakan kain lap karet agar benar-benar bersih. Jika hal ini tidak dilakukan dapat merusak desain bingkai kaca yang berjenis kayu,berjamur dan mudah lapuk. Lebih bagus jika anda memiliki kompressor angin untuk mengeringkan cairan yang masih tersisa. Atau bisa anda gunakan kuas atau sikat gigi saja. Atau anda bisa menjemurnya sampai benar-benar kering. Lakukan sampai benar-benar bingkai bebas dari cairan. 

Beberapa larangan penting

Ini yang biasanya sering kita lakukan pada saat membersihkan cermin hias atau kaca. Kita sering menyemprotkan cairan pembersih kaca langsung pada permukaan kaca. Padahal sebaiknya adalah menyemprotkannya pada kain lap,lalu digunakan untuk menyeka cermin atau kaca. Karena,terkadang kita menyemprotkan pembersih kaca secara berlebihan dan cairan itu bisa masuk disela-sela desain bingkai. Berbeda jika kita membersihkan kaca meja,menyemprotkan langsung pada permukaan kaca tidak masalah karena kaca meja biasanya tidak berbingkai.
Hindari menggunakan pembersih kaca yang mengandung bahan-bahan yang keras seperti asam dan abrasive. 



Demikian share dari saya,semoga bermanfaat.terima kasih

1 Komentar untuk "Cara Membersihkan Cermin Hias dan Kaca Jendela"

Hosting Indonesia Hosting Indonesia
Back To Top