Humor Palembang,Humor Bebas dan Tips Sehat

xiaomi

11 Cara Mengatasi Insomnia

fashion wanita
Humor Wong Kito | Bloggnyo Wong PALI-

Sering kita mengalami susah tidur. Mungkin Anda pernah mengalami hal ini. Atau memang Anda sering mengalami susah tidur dalam setiap malamnya. Profesor Gaby Badre, seorang ahli tidur di The London Clinic, mengatakan "pola tidur yang tidak teratur dapat mengganggu siklus alami dari tubuh."

Banyak faktor yang mempengaruhi susah tidur. Terlalu banyak fikiran juga merupakan salah satu faktor susah tidur. Bahkan ada juga yang mengalami kelelehan pada otot kaki sehingga membuatnya susah untuk tidur.

Banyak cara dilakukan orang untuk bisa tidur. Merendam kaki pada air hangat yang di campur garam,minum susu sebelum tidur bahkan mandi air hangat. Namun tetap belum bisa membuat Anda untuk  tidur. 

10 juta resep obat tidur telah ditulis setiap tahun di Inggris, dan survei oleh Crampex menemukan 86% dari kita menderita gangguan tidur.


Tapi coba Anda lakukan tips-tips alami dari para ahli berikut ini:

1.Tarik napas melalui lubang hidung sebelah kiri

Metode ini diperkirakan dapat mengurangi tekanan darah dan menenangkan Anda. Terapis tidur holistik Peter Smith mengatakan: "Berbaringlah di sisi kiri Anda,tutup lubang hidung sebelah kanan Anda. Hembuskan napas Anda pada lubang hidung sebelah kiri.

2.Meremas jari-jemari dan bersantai

Bersantailah. Siapkan otot tubuh Anda untuk tidur. Buang fikiran anda yang mencemasakan. Lakukan cara pertama. Berbaring telentang, mengambil napas dalam pelan-pelan melalui hidung Anda,dan pada saat yang bersamaan,remas jari-jari kaki Anda erat-erat seolah-olah Anda sedang mencoba untuk meringkuk, kemudian lepaskan remasan. Lakukan berulang kali sampai Anda merasa nyaman dan siap untuk tidur.

3.Cobalah untuk tetap terjaga

Tantang diri Anda untuk tetap terjaga. Pikirkan untuk memberontak! Ini disebut paradoks tidur, ujar psikoterapis Julie Hirst (worklifebalancecentre.org).Dia menjelaskan: "Biarkan mata Anda terbuka lebar,katakan berkali-kali pada diri Anda " Aku tidak akan tidur '. Otak tidak memproses ini dengan baik, sehingga menafsirkan ini sebagai instruksi untuk tidur dan otot mata cepat lelah karena tidur mulai merayap ke mata Anda. "

4.Mengingat hari-hari Anda

Mengingat detail hari-hari Anda dengan urutan terbalik dapat membersihkan pikiran Anda dari kekhawatiran. Sammy Margo, penulis The Good Sleep,mengatakan: "Mengenang percakapan, pemandangan dan suara di hari-hari yang Anda lalui membantu Anda untuk mencapai kondisi mental yang siap untuk tidur. "

5.Putar-putar bola mata Anda

Tutup mata Anda dan putar bola mata tiga kali. Sammy Margo mengatakan: "Ini mensimulasikan apa yang Anda lakukan secara alami ketika Anda tertidur dan dapat membantu memicu pelepasan hormon mengantuk Anda, melatonin."

6.Membayangkan tempat indah

Bayangkan diri Anda dalam situasi di mana Anda merasa di suatu tempat yang indah, berlayar di perairan tenang, atau berjalan di taman bunga. Hal ini dapat membuat Anda tenang dan siap untuk tidur.

7.Meditasi

Meditasi dapat menghasilkan rasa nyaman dan tenang. Duduklah dalam posisi yang nyaman. Tutup mata Anda,lemaskan bahu Anda,lemaskan rahang Anda,tutup rapat mulut Anda dengan tenang. Tarik napas melalui hidung sedalam mungkin dan senyaman mungkin. Tahan napas Anda di perut sambil mengangkat dada Anda.

Cobalah untuk bersenandung saat mengeluarkan nafas. Rasakan getaran di dada Anda. Fokus sepenuhnya pada getaran ini beberapa saat. Kemudian duduk diam sejenak. Katakan pada diri sendiri 'Saya siap untuk tidur', bangun perlahan dan pergi tidur. "

8.Menekan bagian tubuh

Menurut para ahli,ada titik khusus pada tubuh kita yang dapat membuat kita tidur ketika ditekan dengan lembut tapi tegas. 
Letakkan ibu jari pada titik antara alis Anda di bagian atas hidung Anda, di mana ada tekanan sedikit. Tahan selama 20 detik, lepaskan sebentar dan ulangi dua kali lagi.
Selanjutnya, duduk di tepi tempat tidur dan tempatkan kaki kanan Anda di lutut kiri. Tekan dengan lembut antara jempol kaki Anda dan jari kedua kaki Anda.
Masih dalam posisi yang sama, temukan titik tepat di bawah kuku pada sisi atas jari kaki kedua. Remas dengan ibu jari dan telunjuk tangan kanan Anda dengan lembut. 

9.Lakukan sesuatu yang tidak biasa

Trik ini adalah untuk membuat Anda terhanyut dalam tidur dengan baik. Anda dapat melakukannya ketika Anda mengalami kesulitan.
Lakukan sesuatu yang tidak biasa, seperti membelai pipi Anda sendiri. Lakukan berulang setiap Anda akan pergi tidur agar Anda menjadi terbiasa.

10.Mengambil nafas perlahan

Bernapas secara alami dengan perlahan dapat membuat Anda tertidur. Bernapaslah secara perlahan dan dalam pikiran Anda harus tertidur dalam tujuh menit.

11.Menulis daftar kegiatan esok hari

Banyak pikiran adalah penyebab utama insomnia. Seringkali Anda takut melupakan apa yang harus dilakukan esok hari saat Anda memulai aktivitas. Jadi sebelum tidur, tulis daftar di atas kertas rencana aktivitas Anda esok hari. Sehingga Anda bisa melupakan kekhawatiran Anda sampai hari esok. Anda juga bisa menulis pakaian apa yang akan Anda gunakan besok. Dengan cara ini Anda akan lebih tenang dan lebih siap untuk tidur. 
Tag : Aneka Tips
0 Komentar untuk "11 Cara Mengatasi Insomnia"

Hosting Indonesia Hosting Indonesia
Back To Top