Humor Palembang,Humor Bebas dan Tips Sehat

xiaomi

Sungai Musi Palembang

fashion wanita
Wong PALI-
Di provinsi Sumatera Selatan, Indonesia, selain terkenal dengan pempek sebagai makanan khasnya, ada sebuah sungai besar yang mata airnya bersumber dari sebuah daerah yang berada di Bengkulu, Kepahiyang. Panjang sungai mencapai 750 km membelah kota palembang menjadi 2 bagian Hulu dan Hilir. Sungai Musi namanya.

Istilah Hulu dan Hilir biasa digunakan pada nama-nama daerah yang memiliki sungai seperti Kota Palembang ini. Orang Palembang menamakan kedua daerah yang dipisahkan sungai tersebut dengan Seberang Ulu dan Seberang ilir.

Seberang Ulu di Selatan Palembang, sementara Seberang Ilir berada di Sebelah Utara.

Sungai Musi adalah Sungai terpanjang di Sumatera. Keberadaan sungai ini menjadi sebuah ikon kota dengan di tambah sebuah jembatan bersejarah dengan nama Jembatan Ampera sebagai sarana penyeberangan masyarakat kota Palembang.

Sejak masa pemerintahan Kerajaan Sriwijaya, sungai musi dijadikan sarana transportasi air oleh masyarakat hingga kini. Benteng Kuto Besak, salah satu bangunan peninggalan sejarah, makin menambah bukti bahwa pada masa lalu Palembang adalah Kerajaan besar di Nusantara.

Masyarakat Palembang menamai Sungai Musi dengan "Batanghari Sembilan", yang artinya sembilan sungai besar. Dimana Sungai Musi adalah sebagai muara dari 8 sungai yang ada di Palembang, yaitu;
  1. Sungai Komering
  2. Sungai Leko
  3. Sungai Rawas 
  4. Sungai Lakitan 
  5. Sungai Lematang 
  6. Sungai Semangus 
  7. Sungai Kelingi
  8. Sungai Ogan
0 Komentar untuk "Sungai Musi Palembang"

Hosting Indonesia Hosting Indonesia
Back To Top