Humor Palembang,Humor Bebas dan Tips Sehat

xiaomi

Antara Mistis dan Realistis di Lingkungan Kerja

fashion wanita

Ini adalah cerita yang berbau mistis. Terjadi di salah satu sumur minyak milik salah satu perusahaan di tempat tinggalku.

Di dunia pengeboran atau Drilling,sering sekali orang mengaitkan dengan mistis manakala lokasi sumur itu banyak memakan korban kecelakaan baik kecelakaan alat ataupun manusianya seperti yang terjadi di salah satu sumur minyak di kota P,tempat tinggalku.

Ada banyak daerah lain yang selalu orang kaitkan dengan kejadian yang berbau mistis. Bukan saja karena suasana lokasi yang mendukung cerita,tapi juga kejadian demi kejadian biasanya turut pula menyertai cerita mistis itu.

Sejak jaman kolonial Belanda,kota P sudah menjadi aset pencarian minyak besar-besaran. Pengeboran sumur minyakpun dilakukan di banyak tempat di kota P. Sehingga membuat kota P terkenal sampai ke mancanegara pada waktu itu. Bahkan sampai peralihan perusahaan dari perusahaan kolonial Belanda ke perusahaan P pun,di kota P masih terus dilakukan pengeboran.

Jika di telusuri sejarah awal,tentu ada banyak kasus kecelakaan pada saat proyek pengeboran berjalan. Entah itu kecelakaan terhadap alat maupun man powernya. Kejadian inilah lantas orang-orang meyakini adanya kesalah fahaman antara manusia dengan penghuni mahkluk astral yang mendiami hutan sekitar lokasi sumur minyak. Bahkan ada sebagian perusahaan melakukan ritual penyembelihan hewan di lokasi sumur,kemudian kepala hewan tersebut di tanam di salah satu tempat di lokasi tersebut sebelum mulai pengeboran. Tapi tidak semua perusahaan seperti itu. Ini hanya terjadi pada sebagian kecil orang saja seperti yang saya sebutkan di atas tadi.

Sekitar tahun 2000. Salah seorang teman dekat saya tewas dalam kecelakaan kerja di lokasi sumur minyak di kota P. Beliau sebetulnya bukan crew rig pengeboran. Tapi dari departement transport yang pada saat kejadian sedang memindahkan alat-alat pengeboran ke lokasi lainnya. Beliau tertimpa alat yang dinamakan Akumulator,suatu alat pendukung untuk menggerakkan system hydraulik penanggulangan semburan liar.
Terseret sekitar 3 meter (menurut cerita saksi pada waktu itu) akhirnya korban meninggal dunia dalam perjalanan menuju rumah sakit terdekat.
Orang-orang pun mengaitkan kejadian itu dengan hal-hal mistis yang saya rasakan sendiri pada saat itu. Tapi tidak bisa saya ceritakan disini mengingat menyangkut nama baik orang lain.

Kajadian itu sudah lima belas tahun yang lalu. Tapi terlintas kembali pada ingatan saya ketika saya ikut bergabung pada salah satu rig di wilayah operasi yang sama yang pernah merenggut nyawa sahabat dekat saya.

Sore,6 September 2015,di salah satu lokasi sumur minyak tempatku bekerja. Saat itu saya mendapat shift malam. Hari itu begitu tenang. Kemarau panjang masih menyelimuti suasana. Tapi semangat kerja saya tetap terjaga sampai saya mengikuti pre job safety meeting menjelang saya menggantikan posisi teman saya yang mendapat shift siang.

Selesai mengikuti meeting,seperti biasa saya serah terima pekerjaan dari rekan kerja siang. Tak ada masalah khusus yang kami bahas saat itu. Semua berjalan aman terkendali. Langkah demi langkah pekerjaan pun kami jalankan dengan baik. Tapi sekitar jam sembilan malam waktu itu,saya diminta turun oleh (mandor) atasan saya untuk makan malam. Saya pun turun istirahat untuk makan malam karena pekerjaan saya di ambil alih oleh mandor saya.

Pada saat saya makan malam itulah,kabar tak sedap datang dari rekan kerja saya yang lain bahwa telah terjadi kecelakaan kerja pada peralatan. String atau rangkaian pipa untuk mengambil minyak dari dalam sumur dan di pompakan ke stasiun pengumpul minyak telah jatuh bebas ke dalam sumur.

Saya kaget. Tapi beruntung kecelakaan kerja bukan terhadap tenaga kerja. Meskipun hal ini pasti telah merugikan perusahaan karena kelalain kerja.
Dari kronologi pada saat itu ada kejanggalan yang tak dapat diterima akal sehat. Bahwa tiba-tiba,alat penjepit pipa terbuka dengan sendirinya tanpa ada yang mengendalikan hingga mengakibatkan jatuhnya rangkaian pipa tersebut.
Saya berfikir,mungkinkah rekan-rekan kerja saya telah berbohong dengan mengatakan demikian,karena saya pada saat itu tidak ada di tempat karena sedang makan. Tapi dari kesaksian mereka,hal itu memang kejadian aneh yang mereka sendiri tidak memahaminya dengan akal sehat. Karena mereka yakin,alat penjepit pipa itu sudah bekerja dengan baik dan aman. Sayapun percaya itu,sebab jika memang rangkaian pipa itu mau jatuh, tentu sebelum penjepit kepala pipa dibuka pasti sudah ada indikasinya kalau rangkaian pipa akan jatuh. Tapi indikasi itu tidak ada dan saya yakin semua berjalan aman saat itu.
Sanksi kerjapun dijatuhkan pada kami. Meskipun saya tak langsung terlibat pada saat insiden itu terjadi,tapi saya ikut terkena imbasnya. Surat Peringatan Kelalain Kerja I diberikan pada tim kerja saya.

Teman-temanpun lalu mengaitkan pada kejadian aneh sebulan yang lalu di tempat yang sama. Manakala sebuah mobil pengangkut air berjalan sendiri dan menabrak mobil didepannya tanpa ada yang mengendalikan laju mobil. Aneh,padahal tak ada orang di dalam mobil dan mesin sedang dimatikan.

Waktu berjalan. Pagi itu saya libur kerja sepuluh hari menurut jadwal kerja saya. Jadi pada saat insiden itu adalah jadwal shift malam saya yang terakhir.
Tapi pada hari libur saya yang ke delapan harinya,istri saya mengabarkan dari salah satu akun facebook bahwa ada kecelakaan kerja yang menimpa pada salah seorang tenaga kerja di tempat saya bekerja itu. Telah terputusnya jari jempol kiri dari tangan crew rig. Ya Allah....saya pun terhenyak mendengarnya.

Sekali lagi,teman-temanpun mengaitkannya pada hal mistis. Ditambah kesaksian salah seorang rekan kerja yang mengatakan bahwa dia sempat tertidur pada saat kerja,dan bermimpi didatangi seorang perempuan. Perempuan itu telah berpesan kepadanya untuk tidak mengotori rumahnya di sekitar sumur minyak dimana disitulah tempat kami melakukan aktifitas kerja. 
Ceritapun berkembang semakin mistis karena saat itu ada kejadian aneh diluar nalar. Meja tempat aktifitas kerja yang persis diatas sumur minyak telah terangkat dengan sendiri!!

Lalu sayapun berfikir,boleh jadi ada turut campur makhluk astral dilingkungan kerja kita. Dimanapun itu pasti ada. Saya sebagai seorang Muslim percaya adanya makhluk gaib kasat mata. Tapi apapun itu,kita pasti bisa mengalahkan dan mengendalikan perasaan kita sendiri jika kita tetap fokus pada pekerjaan kita. Berdo'a sebelum bekerja itu penting,karena Allah adalah pelindung kita. Selalu melakukan observasi atau pengamatan pada indikasi bahaya. Dan janganlah meremehkan sekecil apapun tingkat bahaya dalam bekerja.

Dimanapun tempat kita bekerja,fokuslah pada pekerjaan tersebut. Jangan bekerja pada saat fikiran kita sedang ada masalah karena bisa mengganggu konsentrasi kerja kita. Tapi jika takdir yang bicara,maka kita tidak dapat berbuat apa-apa kecuali hanya pasrah kepada Allah yang menentukan segalanya.

Saya menulis ini dengan tidak bermaksud menjelekkan nama baik rekan kerja saya. Tapi saya mengambil pelajaran penting dari kejadian ini

Wassalam 
Tag : Serba Serbi
0 Komentar untuk "Antara Mistis dan Realistis di Lingkungan Kerja"

Hosting Indonesia Hosting Indonesia
Back To Top